Penertian Metagenesis Pada Tumbuhan dan Hewan

Ok sobat kali ini kita akan membahas tentang penertian metagenesis pada tumbuhan dan hewan. Sebenarnya metagenesis hampir sama seperti halnya metamorfosis pada hewan, tumbuhan tertentu juga dapat terjadi perbedaan bentuk tubuh selama pertumbuhannya mulai dari kecil hingga dewasa. Peristiwa perubahan pada tumbuhan ini dinamakan metagenesis. Metagenesis adalah terjadinya pergiliran keturunan atau pergantian siklus yang terjadi pada dua proses siklus, yaitu:

a. Siklus seksual (generatif)
Pada siklus seksual dihasilkan gametofit.
b. Siklus aseksual (vegetatif)
Pada siklus aseksual dihasilkan sporofit.

Baca Juga : Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Baca Juga : Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

Pengertian Metagenesis Pada Hewan

Pengertian ini secara spesifik dibahas dalam ilmu Biologi, pengertian metagenesis adalah pergiliran cara perkembangbiakan makhluk hidup antara kawin (seksual) atau disebut generatif dan tidak kawin (aseksual) atau disebut vegetatif. Pada dasarnya peristiwa metagenesis dapat terjadi pada hewan dan tumbuhan tetapi banyak yang mengira jika hewan hanya mengalami metamorfosis saja berikut Contoh hewan yang mengalami metagenesis misalnya terjadi pada ubur-ubur (obelia). Nah proses metagenesis yang terjadi pada ubur-ubur diawali dengan ubur-ubur dewasa akan menghasilkan polip (tunas), bila tunas sudah dewasa akan lepas menjadi medusa yang berbentuk melayang nah baru taukan. Medusa inilah yang menghasilkan sel gamet. Bila 2 medusa melakukan perkawinan maka yang terjadi sel telur yang terbuahi sperma akan membentuk zigot, zigot tumbuh menjadi polip baru atau mahluk hidup baru dan proses ini akan terus berulang menjadi siklus hidup ubur-ubur.

Penertian Metagenesis

Penertian Metagenesis

Pengertian Metagenesis Pada Tumbuhan

Atikel Terkait Pengertian Metamorfosis

Sedangkan untuk metagenesis yang terjadi pada tumbuhan misalnya terjadi pada paku-pakuan dan ganggang. Jika pada tumbuhan paku maka proses metagenesis diawali dengan pecahnya kotak spora kemudian spora akan jatuh ke tanah dan tumbuh menjadi protalium. Protalium yang jatuh ketanah tadi akan tumbuh dan membentuk anteridium yang menghasilkan gamet jantan dan arkegonium yang menghasilkan gamet betina. Proses peleburan antara sel telur dan sperma akan menghasilkan zigot yang akan tumbuh menjadi sporofit (tumbuhan paku penghasil spora). Proses metagenesis pada lumut dimulai ketika gamet jantan bertemu dengan gamet betina akan terbentuk zigot. Selanjutnya zigot yang telah terbentuk akan tumbuh menjadi sporofit (ganggang penghasil spora). Apabila proses spora sudah matang makan akan berkembang menjadi gametofit jantan dan gametofit betina (ganggang penghasil gamet), dan proses ini akan terus berlanjut seterusnya berulang menjadi suatu siklus hidup ganggang.

Penertian Metagenesis
Penertian Metagenesis

Pada proses metagenesis, perubahan bentuk dari kecil menjadi besar atau bertambah besarnya individu merupakan pertumbuhan. Sedangkan proses pada perubahan bentuk dari telur menjadi individu baru merupakan proses perkembangan.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Metagenesis pada tumbuhan dan hewan, semoga bermanfaat.