UN SD SMP SMA 2020 Resmi Dihapus Nilai Raport Pengganti Ijazah

UN SD SMP SMA 2020 Resmi Dihapus
UN SD SMP SMA 2020 Resmi Dihapus

UN SD SMP SMA 2020 Resmi Dihapus Nilai Raport Pengganti Ijazah. Sejak di umumkan secara resmi tanggal 2 Maret 2020 yang lalu, penyebaran Covid-19 kian masif. Wabah Corona Virus ini telah mempengaruhi semua sendi kehidupan baik di Dunia atau Indonesia. Di Indonesia Sendiri wabah ini cukup membuat ekonomi sedikit terpuruk. Bahkan sampai di lingkungan dunia pendidikan dimana banyak kebijakan dan keputusan dibuat untuk menanggulangi penyebaran wabah VIRUS CORONA. Kabar atau keputusan terbaru dari dunia pendidikan adalah di hapusnya UN untuk tahun ajaran 2019/2020 saat ini.

Dasar Penghapusan UN SD SMP SMA Tahun 2020

Pada Senin tanggal 23/03/2020, empat pimpinan Komisi X DPR-RI bersama Mendikbud melakukan rapat terbatas secara online. Hasil rapat dan konsultasi tersebut menghasilkan keputusan yang di bilang sulit yaitu meniadakan UN dan UNBK untuk tahun 2020 ini. Meski telah secara jelas UN dan UNBK dihapus, untuk pemangku kebijakan seperti dinas atau penyelenggara Ujian tetap harus menunngu keputusan resmi dari Kemendikbud.Nilai

Salah satu pertimbangan utama dari penghapusan UN Tahun 2020 adalah pandemi Virus Corona. Rangkaian Ujian sepakat ditiadakan pada tiga tingakatan pendidikan yaitu SD, SMP dan SMA Serta di tingkatan Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah yang juga di tiadakan.

Ditahun 2020 ini jumlah sekolah yang akan melaksanakan UN dan UNBK sebanyak 85.959 dengan rincian jumlsh siswa sebanyak 7.072.442 di 532 Kabupaten/ kota seluruh Indonesia.

Pengganti Nilai UN

DPR-RI dan Mendikbud memberikan opsi untuk mengganti nilai UN bisa menggunakan akumulasi nilai raport yang digunakan sebagai rujukan nilai UN. Sedangkan untuk hasil UN SMK yang telah dilaksanakan mulai hari senin 16 Maret hingga 19 Maret 2020 tetap dijadikan standar kelulusan siswa tahun 2020.

Demikian tadi informasi perkembangan dunia pendidikan terkini yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan bagikan artikel ini dengan klik tombol di bawah.