Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan dan Manusia

Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan
Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

1. Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan dan Manusia

Kali ini kita akan membahas tentang apasaja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan? Sebenarnya pertumbuhan hewan dan tumbuhan terjadi di seluruh bagian tubuhnya sejak dari kecil hingga dewasa. Pertumbuhan tersebut bisa kita lihat dan menyebabkan bagian-bagian tubuh hewan semakin besar atau semakin panjang. Adapun untuk pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada hewan dan manusia dipengaruhi oleh faktor dari dalam (internal) faktor yang di sebabkan dari diri makhluk hidup dan faktor dari luar (eksternal).

a. Faktor internal

Faktor internal merupakan pertumbuhan atau perkembangan dari dalam tubuh makhluk hidup yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan antara lain sebagai berikut.
1) Gen
Gen adalah salah satu faktor penentu sifat yang diturunkan dari induknya. Sifat-sifat yang diturunkan dalam gen setiap jenis hewan berbeda-beda .
2) Hormon
Hormon memengaruhi semua aktivitas di dalam tubuh. Adapun untuk hormon yang memengaruhi pertumbuhan hewan dan manusia disebut hormon somatotrof.

b. Faktor eksternal

Pertumbuhan dan perkembangan juga dipengaruhi oleh faktor dari luar tubuh bisa juga dari lingkungan sekitar. Adapun beberapa faktor dari luar yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia adalah sebagai berikut.
1) Makanan
Untuk menunjang nutrisi maka semua mahluk hidup membutuhkan makanan yang digunakan sumber tenaga dan zat pembangun tubuh. Karbohidrat merupakan salah satu makanan sumber tenaga, sedangkan sumber pembangun tubuh adalah protein. Makanan yang cukup pada mahluk hidup akan menjadikan hewan atau manusia tumbuh optimal.
2) Sinar matahari
Vitamin D merupakan salah satu unsur yang sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup dan yang paling mudah adalah sinar matahari yang diperlukan dalam pengubahan provitamin D menjadi vitamin D. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan ke dalam tubuh.
3) Aktivitas fisik
Aktifitas fisik yang meliputi kegiatan fisik, misalnya olahraga dan latihan, akan dapat memperbesar ukuran otot dan tulang.
4) Suhu
Suhu merupkan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan jika suhu sesuai dengan yang diperlukan dalam pertumbuhan hewan maupun manusia maka akan berjalan secara optimal.

2. Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan bentuk interaksi antara faktor dalam dan faktor luar yang tak terpisahkan. Adapu beberapa faktor dalam yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan antara lain sebagai berikut.

a. Faktor Hormon

Adapun hormon yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan antara lain adalah :
1) Auksin
Auksin merupakan salah satu hormon untuk perkembangbiakan yang berfungsi untuk pertumbuhan dan penghambatan pertumbuhan, dormansi, pembentukan bunga dan buah, serta penuaan dan pengguguran.
2) Giberelin
Fungsi giberelin adalah hormon yang merangsang tumbuhan untuk melakukan pembelahan sel serta merangsang aktivitas enzim amylase dan proteinase yang berperan dalam perkecambahan. Selain itu hormon giberelin juga merangsang pembentukan tunas, menghilangkan dormansi biji, dan merangsang pertumbuhan buah secara parthenogenesis.
3) Sitokinin
Sitokinin juga merupakan hormon yang penting karena dapat ditemukan pada jaringan yang membelah. Sitokinin yang ditemukan pertama kali adalah kinetin. Sitokinin yang terdapat pada Zea mays adalah zeatin. Salah satu fungsi sitokinin adalah merangsang pembelahan sel, merangsang pembentukan tunas pada batang maupun pada kalus, menghambat efek dominansi apikal, dan mempercepat pertumbuhan memanjang.
4) Asam absisat
Nah untuk salah satu hormon berikut memang cukup berbeda karenatidak semua hormon berfungsi untuk memacu pertumbuhan, sebab ada juga yang menghambat pertumbuhan, yaitu asam absisat.
Fungsi utama dari asam absisat adalah menghambat pembelahan dan pemanjangan sel, menunda pertumbuhan atau dormansi, merangsang penutupan mulut daun di musim kering, dan membantu peluruhan daun pada musim kering.

b. Faktor Genetik

Faktor genetik merupakan salah satu faktor penentu dan jika itu dari induknya yang diturunkan maka sangat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Adapun faktor yang berasal dari luar yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Suhu
Suhu pada beberapa lingkungan berpengaruh terhadap respirasi, fotosintesis, transpirasi, dan reproduksi.
b. Cahaya
Cahaya diperlukan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Tetapi pada saat proses perkecambahan tumbuhan justru cahaya menghambat pertumbuhan kecambah. Karena prakteknya kecambah yang ditumbuhkan di tempat yang gelap lebih cepat tumbuh dibandingkan di tempat yang terang. Pertumbuhan kecambah yang cepat di tempat yang gelap disebut etiolasi.
c. Kelembaban
Kelembaban yang terjadi di udara berpengaruh terhadap penguapan air (transpirasi) serta penyerapan makanan dan air. Jika kelembaban udara rendah maka yang terjadi adalah transpirasi akan berlangsung cepat sehingga memacu tumbuhan untuk menyerap makanan dan air. Keadaan ini dapat memacu pertumbuhan tumbuhan yang berasal dari kelembapan lingkungan.
d. Oksigen
Oksigen merupakan komponen fital yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seluruh bagian tubuh tumbuhan. Tanah yang gembur mempunyai kemampuan yang besar untuk menyimpan oksigen karena terdapat banyak rongga-rongga udara. Oksigen yang berada di dalam tanah ini dimanfaatkan tumbuhan untuk respirasi.
e. Air dan zat hara
Zat hara merupakan sumber makanan untuk tumbuhan yang digunakan sebagai sumber energi dan sumber materi untuk pembentukan berbagai komponen sel yang diperlukan selama pertumbuhan tanaman. Air sangat diperlukan pada saat perkecambahan biji dan sebagai salah satu kebutuhan mineral tumbuhan. Air juga sangat penting untuk membentuk vakuola sel dan mengaktifkan enzim dalam mahluk hidup. Air berfungsi sebagai pelarut zat hara agar dapat masuk ke dalam sel akar secara difusi dan terus menerus.